10 Drone dengan Kamera Terbaik di tahun 2023

Drone kamera terbaik adalah salah satu kriteria bagi para fotografer dan videografer profesional untuk mendapatkan hasil objek yang optimal. Ada beberapa rekomendasi drone terbaik yang bisa Anda pilih. Termasuk pula drone untuk keperluan pemetaan tertentu.

Drone Kamera Terbaik 2023

Drone dengan kualitas kamera terbaik di tahun 2023 memang cukup banyak yang ditawarkan. Namun, ada beberapa drone yang layak untuk dipilih dari beberapa pabrikan drone terbaik dunia berikut ini.

1. Autel Evo Nano

Autel Evo Nano memiliki resolusi kamera 48MP dengan resolusi video 4K 30FPS dan ketahanan baterai 28 menit. Drone ini sangat direkomendasikan bagi para YouTuber maupun konten kreator karena dilengkapi dengan mikrofon pada controller. Kemudian, juga ada fitur SuperDownload untuk mentransfer gambar dan video ke smartphone dengan kecepatan 160Mbps.

Harga Autel Evo Nano: Rp12 jutaan (Premium Bundle)

2. Parrot Anafi FPV

Selanjutnya ada Parrot Anafi FPV. Drone memiliki resolusi kamera sebesar 21 MP dengan resolusi video hingga 4K HDR 30FPS. Ketahanan baterainya adalah 25 menit dengan jarak maksimum 4 km/ 2.5mi. Keunggulannya antara lain mudah untuk dibawa ke mana saja dan terdapat fitur 180° Vertical-Turn Gimbal and Zoom. Selain itu, drone ini juga memiliki fitur First Person View. Jadi, Anda bisa merasakan sensasi layaknya sedang terbang.

Harga Parrot Anafi FPV: 11.4 jutaan

3. DJI Mini 3 Pro

Sensor kamera DJI Mini 3 Pro cukup besar dan didukung aperture f/1.7 yang dapat mengambil gambar hingga resolusi 48MP. Begitu juga dengan video hingga 4K/60fps. Kamera dapat berputar hingga 90° pada mode True Vertical Shooting. Tak cukup sampai di situ saja, beberapa fitur kamera yang disematkan di antaranya adalah Focus Track Suite, Quick Shots, Mastershots, hingga Hyperlapse.

Harga DJI Mini 3 Pro: mulai Rp10 jutaan

4. PowerVision PowerEgg X Wizard

Bisa dibilang drone PowerVision PowerEgg X Wizard memiliki bentuk yang cukup unik. Hal ini karena drone dirancang khusus dengan ketahanan air dan mode landing. Selain itu juga dibekali dengan fitur  Audio-Sync Recording Option dan Camcorder. Resolusi kameranya adalah 12MP dengan resolusi video 4K 60FPS. Ketahanan baterainya adalah 30 menit dalam kondisi dry mode.

Harga PowerVision PowerEgg X Wizard: Rp14 jutaan

Drone Kamera Terbaik di Bawah 3 Jutaan

Jika Anda mencari drone yang dilengkapi dengan kamera terbaik dengan harga terjangkau, ada pula rekomendasinya. Drone ini cukup ramah di kantong dengan harga di bawah 3 jutaan saja. Berikut pilihannya:

5. DJI Tello

DJI Tello cukup unggul dari segi performa dengan waktu terbang di udara selama 13 menit di udara dengan jarak jangkau 100 meter. Drone ini cocok digunakan bagi pemula dan di dalam ruangan. Penggunaannya semakin mudah berkat dukungan aplikasi Tello Apps. Kameranya sudah dilengkapi fitur EZ-Shots untuk merekam video lingkaran maupun 360. Resolusi kameranya 5MP dan bisa dibuat untuk video streaming 720 pixel di smartphone.

Harga DJI Tello: Rp2.2 jutaan (Boost Combo)

6. MJX Bugs 20 EIS

Selain DJI, drone murah dengan kamera terbaik adalah MJX Bugs 20 EIS. Kamera yang dimilikinya sudah mendukung 4K. Selain itu, juga dilengkapi dengan Optical Flow Sensor agar drone lebih stabil dan Electronic Image Stabilization (EIS). Resolusi kameranya adalah 4K dengan 30FPS. Selain itu bisa juga mendukung untuk 1080P Full HD 60FPS.  Sementara untuk waktu terbangnya sekitar 20 menit untuk jarak menengah.

Harga MJX Bugs 20 EIS: Rp3 jutaan

Drone Kamea Terbaik untuk Pemetaan

Saat ini penggunaan drone juga banyak diterapkan untuk pekerjaan di bidang pemetaan bentang alam. Khususnya jika ingin membuat sebuah proyek tertentu. Ada dua pilihan drone pemetaan yang direkomendasikan yakni DJI Inspire V2 dan Autel Evo II Enterprise.

7. DJI Mavic 3 Enterprise

DJI Mavic 3E untuk pemetaan memang unggul dalam hal sudut lebar kameranya. Sebagai contoh, kamera telefoto 12MP, dimana Anda bisa menggunakannya hingga 56x zoom hybrid. Di sektor sudut kamera lebarnya memiliki 4/3 CMOS 20MP. Hal itu bisa membuat DJI Mavic 3E membuat tangkapan gambar secara berkelanjutan dalam kecepatan tinggi hingga kecepatan milidetik. Lalu, untuk kamera telefotonya bisa memberikan detail di jarak 10 meter meskipun di kondisi minim cahaya sekalipun.

Harga DJI Mavic 3 Enterprise: mulai dari Rp65 jutaan

8. Autel Evo II Enterprise

Drone lainnya untuk keperluan pemetaan adalah Autel Evo II Enterprise. Drone ini memiliki Sensor 20MP 1”CMOS. Dengan kemampuan pembesaran Digital Zoom 16 kali dan 3 kali Optical. Selain itu dilengkapi dengan fitur infra merah yang dapat merekam suhu atau temperatur objek yang dibidik. Selain itu juga ada Obstacle Avoidane 360° dan fitur Predictive Target Tracking untuk mengunci objek sekitar 64 objek untuk sekali penguncian.

9. DJI Matrice 300RTK

Drone DJI Matrice 300 RTK juga dilengkapi dengan kamera FPV. Dimana kamera ini memiliki resolusi 960p dengan FOV 145° dan frame rate 30fps. Desain yang kokoh ini pun mampu digunakan untuk payload perangkat lain dalam hal pemetaan dengan bobot maksimum hingga 2.7 kilogram. Seperti Zenmuse L1, Zenmuse P1, Zenmuse H20, Zenmuse H20T, Zenmuse XT S, Zenmuse XT2, dan Zenmuse Z30.Sistem OcuSync Enterprise dan mendukung untuk tiga saluran video 1080p. Kemudian, memiliki real-time auto-switching antara 2.4 GHz dan 5.8 GHz. Hal itu membuat drone mampu dioperasikan pada area dengan interferensi cukup tinggi.

Harga DJI Matrcie 300 RTK: Rp114 jutaan

Drone Kamera Terbaik untuk Fotografi dan Video

Terakhir, drone kamera terbaik untuk kebutuhan fotografi dan video hampir seluruhnya didominasi oleh drone dari DJI. Hal ini karena pabrikan Dji memang memiliki sejumlah pembaruan di setiap serinya dan fitur yang ditawarkan mendukung untuk hasil video dan foto terbaik.

10. DJI Mavic 3 / Cine

Sejak diluncurkan pada akhir tahun 2021 lalu, DJI Mavic 3 menarik perhatian para pecinta dan pengguna drone. Pasalnya, hampir semua fitur drone kamera terbaik ada pada produk terbaru DJI ini. Hal itu karena memiliki resolusi kamera 20MP+12MP dengan resolusi video 5.1K:HDR 50FPS. Kemudian, kamera utamanya memiliki sensor 4/34ds. Sedangkan ketahanan baterainya mampu hingga 46 menit. Lalu, untuk varian Cine memiliki format video ProRes 422HQ.

Harga DJI Mavic 3: Rp33 jutaan (Basic), Rp 79.9 jutaan (Cine Premium Combo)

11. DJI Mavic 3 Pro

DJI Mavic 3 Pro adalah drone dari DJI pertama yang menggunakan tiga kamera. Kamera pertama merupakan telefoto dengan ukuran lensa 70mm dan beresolusi 48MP (F/2.8). Sedangkan pada kamera utamanya, terdapat sensor 4/3 CMOS Micro-Four Thirds 20MP Hasselblad. Lensanya berukuran 24mm wide-angle dengan variabel aperture f/2.8-11. Kamera lainnya adalah kategori telefoto 12 MP dan sensor ½ inci.

Harga DJI Mavic 3 Pro: mulai dari Rp53 jutaan

12. DJI Air 3

Pada DJI Air 3 terdapat dua buah kamera yang memiliki kemampuan merekam video hingga 4K. Adapun sensornya menggunakan 1/1.3-inch CMOS. Sensor ini dilengkapi dual native ISO untuk mendukung kamera telephoto dan wide. Modul kamera utamanya memiliki lensa 24mm F/1.7. Sedangkan untuk kamera lainnya adalah kamera tele dengan lensa 70mm dan bukaan diafragma F/2.8 dengan kemampuan pembesaran hingga 3x. Resolusi kameranya sebesar 48 megapiksel untuk menghasilkan hasil lebih baik.

Harga DJI Air 3: mulai dari 17 jutaan

untuk yang ingin berbelanja perlengkapan drone yang cukup lengkap dan mumpuni bisa cek di: DJI OFFICIAL STORE karena terdapat banyak sekali pilihan drone dan aksesorisnya yang berkualitas yang bisa teman2 dapatkan di sana

Tinggalkan komentar